Sejarah Perpustakaan

Submitted by polkesjati on Fri, 01/08/2021 - 06:44
gedung

SEJARAH

 Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta III memiliki sejarah panjang dan dinamis, berdirinya  tanggal 16 April 2001 berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI nomor 298/MENKES-KESOS/SK/IV/2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan. Selanjutnya keputusan tersebut telah  diperbarui dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor: 1988/Menkes/ PER/IX/2011 tanggal 27 September 2011 tentang Perubahan atas peraturan Menteri Kesehatan No. 890/Menkes/PER/VIII/2007 tentang Organisasi dan Tatakerja Politeknik Kesehatan. Institusi ini merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi sehingga perpustakaan menjadi unsur penunjang dalam mewujudkan tri darma perguruan tinggi. Perpustakaan  Poltekkes Kemenkes Jakarta III berkedudukan di Jalan Arteri JORR Jatiwarna Kecamatan Pondok Melati Bekasi.

Pada awalnya (1990-1998) perpustakaan ini merupakan  perpustakaan Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) yang dikonversi menjadi Akademi, seperti SPK Harapan Kita menjadi Akbid Harapan Kita di Slipi Jakarta Barat, SPK Cipto Mangunkusumo menjadi Akademi Kebidanan (Akbid) Cipto Mangunkusumo di Pulomas Jakarta Pusat, Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Persahabatan menjadi Akademi Keperawatan (Akper) Persahabatan di Rawamangun Jakarta Timur; Sekolah Menengah Analis Kesehatan (SMAK) di Pondok Gede Bekasi, menjadi  Akademi Analis Kesehatan (AAK), sedangkan perpustakaan AKPER Kimia 17 dan AKPER Anstesi di Jl. Kima Jakarta Pusat sudah berstatus akademi. Pada tahun   1998-2000  enam (6) perpustakaan tersebut berjalan masing-masing baru pada tahun 2001 terjadi perampingan birokrasi oleh Pemerintah, sehingga perpustakaan pun terintegrasi di bawah naungan Poltekkes Kemenkes Jakarta III.

Pada tahun 2019 dibangun ruang perpustakaan terpadu untuk menggabungkan perpustakaan yang di direktorat, TLM, Fisioterapi, dan perpustakaan Jurusan Keperawatan serta Kebidanan. Sedangkan Perpustakaan yang berlokasi di Pulomas tetap berjalan namun pengelolaan secara terintegrasi terpadu. Selanjutnya tanggal 2 Januari 2020  diresmikan menjadi Perpustakaan Terpadu dan mulai dikelola secara sungguh-sungguh untuk menuju perpustakaan modern, ideal sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi.  (Hyt).

Kepala Unit Perpustakaan : 2007 - 2021   Haryanto, S.IPI